Tekanan Sosial Membuat Kepala Desa Dukung Warga Tolak Tambang

Surat penolakan Lurah dan Camat terhadap borrow area Desa Penawangan

Tekanan warga yang diberikan bertubi-tubi di ranah sosial kepada Kades Penawangan akhirnya membuahkan hasil yang ditandai dengan Kepala Desa Penawangan dan Camat Pringapus mengirimkan surat Penolakan Lokasi Borrow Area Kepada PT JOGLOSEMAR. Tekanan sosial yang dimulai sejak protes besar – besaran menghadang OPD Kab. Semarang meninjau lokasi tambang membuahkan hasil positif.

Buntut pemasangan poster penolakan tambang di Desa Penawangan yang dibredel (26/07) mempertemukan warga dengan Kepala Desa dan Camat Kec. Pringapus dalam satu forum. Dalam kesempatan tersebut warga meminta pihak Pemerintah Desa untuk mendukung penolakan rencana penambangan sawah di Desa Penawangan tersebut. Satu minggu sebelumnya pihak desa dan kecamatan telah membuat Surat Penolakan Rencana Lokasi Borrow Area yang ditujukan kepada PT Joglosemar Purnama Jaya selaku pihak ketiga yang akan menambang material random di sawah Penawangan untuk kebutuhan pembangunan Bendungan Jragung.

Sayangnya, informasi terkait Surat Penolakan tersebut belum disampaikan oleh Kepala Desa kepada warga sebelumnya dan pada pertemuan kemarin (26/07) itu lah informasi penolakan dari Pemerintah Desa dan Camat diketahui.

Meskipun demikian, warga akan terus mengawal penolakan rencana lokasi borrow area ini hingga tidak ada lagi rencana penambangan di Desa Penawangan.

Kontributor: Nur Colis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *