Cerpen #33: “CELSIUS”

Suhu bumi semakin panas, permukaan laut mengalami kenaikan, dan virus mematikan masih menghantui umat manusia. CELSIUS, sebuah nama organisasi nirlaba yang dipimpin oleh Kapten O’neil. Program kerja mereka berfokus pada pengendalian krisis iklim, pencegahan penyakit, dan membangun ketahanan emosional melalui agen perubahan.

Selama dua dekade CELSIUS telah mengantongi belasan penghargaan dari pemerintah atas kinerjanya. Namun, di sisi lain ada organisasi nirlaba yang memiliki misi berbeda, yaitu NuSpace. Misi mereka bukan untuk memberi solusi, melainkan mencari planet baru untuk tempat tinggal manusia. Hanya orang kaya yang akan diperbolehkan meninggalkan bumi dan memulai peradaban baru di sana, sedangkan orang miskin akan ditinggal dan dibiarkan begitu saja hingga musnah di bumi. Sungguh kejam.

Selama beberapa tahun ini CELSIUS dan NuSpace perang dingin. Perubahan iklim benar-benar membawa kehancuran antarkelompok manusia. CELSIUS menyadari bahwa tidak ada solusi yang tepat untuk masalah serumit krisis iklim. Tetapi, untuk memperjuangkan masa depan yang lebih baik, manusia harus beradaptasi dengan perubahan. Karena perubahan tidak bisa dihentikan. Perubahan dalam bahasa Arab mengandung arti pergeseran (taghayyur) atau gerakan (harakah) menuju kesempurnaan atau kualitas yang lebih baik. Perubahan menjadi penting dalam kehidupan ini. Perubahan merupakan tanda kehidupan (`alamt al-hayah). Ini berarti, hidup tanpa perubahan sama dengan mati.

“Selama kita masih tergabung di komunitas ini, kita punya kekuatan dan harapan yang sama untuk masa depan bumi. Kau harus tinggalkan laki-laki itu, Alana!” Kapten O’neil memberikan  peringatan pada Alana, anggota CELSIUS yang menambah masalah baru bagi tim mereka.

“Kapten, saya tidak bisa. Saya begitu mencintainya.” Alana menundukkan wajahnya yang sendu di ruang rapat. Tidak dipungkiri Alana sedang jatuh hati pada David, yang mana David adalah seorang anggota NuSpace. Alana berutang budi pada David, karena David telah menyelamatkan nyawanya ketika terjadi badai dahsyat menerjang kota tahun lalu. Benih-benih asmara pun tumbuh di kedua hati anak manusia itu. Oh, asmara. Dari zaman bangsa Lemurian hingga abad 22 masih saja mengusik ketenteraman jiwa.

**

Kode sandi rahasia itu muncul lagi. Seolah memberi petunjuk bagi David. Alam semesta ini menyimpan sejuta misteri. David berniat mengajak Alana untuk meninggalkan bumi menuju planet baru setelah dia dapat memecahkan kode sandi itu. Meskipun, dia harus siap berhadapan dengan Kapten O’neil.

“Alana..” David memanggil Alana lewat jam tangan transparan i-Watch.

“David, lupakan aku. Kumohon padamu.” suara Alana di seberang sana.

“Kau harus ikut bersamaku, Alana. Kita akan membangun peradaban baru di planet yang akan segera kutemukan.” jelas David.

“Aku tidak mau. Aku akan tetap merawat bumi. CELSIUS sedang mempersiapkan jutaaan bibit tanaman hasil rekayasa genetika dari peninggalan abad 21 untuk ditanam di ladang-ladang tandus. Jika kau ingin berbuat kebaikan, mari bergabung bersamaku, David! Kau akan lelah menunggu ketidakpastian dari kode sandi itu.” Alana menolak ajakan David untuk meninggalkan bumi.

“Alana, aku mencintaimu.” David menutup obrolannya dengan nada putus asa.

**

Bibit tanaman sudah siap ditabur ke dalam wadah yang disinari oleh mesin pemanas buatan. Matahari sudah semakin tua. Suhunya semakin memanas, sehingga tidak cocok lagi dijadikan sumber energi untuk bumi. Maka, para ilmuan menciptakan sumber energi baru untuk tetap bertahan hidup. Namun, ada kabar baik dari Kapten O’neil, jika dalam setahun bumi sudah ditumbuhi oleh pepohonan hasil penyemaian, ketersediaan oksigen di bumi akan melimpah kembali dan suhu bumi akan menurun.

Di samping itu, NuSpace tengah sibuk memecahkan kode sandi yang lagi-lagi dikirim oleh sebuah sinyal asing yang tidak dikenal. David dan Profesor Cliff mencoba berulang kali menerjemahkannya.

 

“Pasti kode sandi ini dikirim dari sesuatu yang asing di luar planet kita, Prof. Tetapi, begitu sulit bagi saya memecahkannya. Sudah hampir setahun saya berkutat pada kode sandi yang dikirim secara acak ini.” keluh David yang tak kunjung berhasil memecahkan kode sandi itu.

“Jangan menyerah! Masih ada waktu 4 jam lagi untuk menyusunnya menjadi sebuah rangkaian pesan. Setelah semua tersusun, maka kita siapkan pesawat luar angkasa Zone-X.” pungkas Profesor Cliff.

“Baik, Profesor. Saya akan mencoba lagi.” David mengangguk tanda setuju.

     Tak lama kemudian. David melompat kegirangan. Kode sandi itu berhasil disusun. David segera mengoperasikan lewat komputernya. Ternyata, bukan pesan dari planet baru. Melainkan, sebuah kalimat “Never Leave The Earth”, yang artinya mereka tidak boleh meninggalkan bumi.

“David, kau pasti salah merangkai kode sandi itu.” Profesor Cliff tidak mau menerima kenyataan.

“Benar, Prof. Semua titik koordinat dari kode sandi itu sudah saya susun menjadi sebuah pesan.” jelas David mempertahankan argumennya.

“Pesan ini dikirim dari alam semesta, Prof. Percayalah.” terang David pada Profesor Cliff.

“Apakah keajaiban masih berlaku pada masa ini, David?” tanya Profesor Cliff serius.

“Tentu, Prof.” yakin David.

**

Di landasan pesawat luar angkasa, sebagian tim NuSpace bersiap untuk berangkat. Andes, divisi penerbangan menemukan sinyal dari permukaan lubang hitam. Dia sangat yakin bahwa sinyal itu dari pesawat luar angkasa tanpa awak yang dikirim untuk menelusuri lubang hitam enam bulan lalu.

Profesor Cliff tidak menyetujui keberangkatan Andes dan sebagian anggota NuSpace ke luar angkasa. Pikirannya berubah. Padahal dialah orang yang mendanai misi ini. Namun, Andes tidak mendengarkan lagi perintah Profesor Cliff. Dia menancapkan gas roket, akhirnya pesawat luar angkasa pun lepas landas.

“Mereka tidak akan selamat, David.” Profesor Cliff tampak sedih.

“Apa maksud Profesor Cliff?” tanya David gusar.

“Kau tahu lubang hitam, bukan? Seandainya mereka terhisap oleh lubang hitam, maka tubuh mereka akan hancur. Andes dan seluruh awak pesawat tidak akan pernah lagi kembali ke bumi.” jawab Profesor Cliff.

“Prof, ada kemungkinan mereka selamat. Saya pernah mempelajari teori relativitas pada lubang hitam. Mereka bisa terselamatkan, tetapi mereka akan terlempar ke dimensi lain. Ya, teori dunia pararel dan perjalanan waktu, yang mana sudah berabad-abad nenek moyang kita mempercayai keberadaannya.”

Komputer menyala tanpa disentuh. Ada gelombang yang terpancar begitu kuat dari layar komputer. David dan Profesor Cliff mendekatinya perlahan. Sebuah gambar yang menampilkan sosok Andes dan awak pesawat. Wajahnya sudah terlihat menua, keriput di kulitnya pun kian tampak. Ada kabel data yang sengaja dipasang di dalam komputer oleh Andes, sehingga ke mana pun Andes pergi bisa terdeteksi.

Andes dan awak pesawat selamat. Mereka tidak menemukan planet baru, melainkan terdampar ke abad 21. Di mana bumi sedang sama kacaunya sebab dilanda pandemi. Namun, pada abad ini bumi masih terlihat hijau dengan lahan persawahan dan hutan. Andes tidak bisa kembali, bahan bakar pesawat habis. Andes dan awak pesawat akan menghabiskan sisa umur mereka di sebuah pulau tak berpenghuni dengan meratapi keegoisan.

**

Pepohonan tumbuh subur. Cadangan oksigen mulai terpenuhi. Kapten O’neil dan Profesor Cliff bekerja sama untuk menyelamatkan bumi dari kepunahan. Organisasi nirlaba NuSpace dihentikan. CELSIUS berhasil mengembangkan program Never Leave The Earth yang dibantu oleh jutaan agen perubahan. Alana dan David juga ikut andil. Mereka hidup bahagia dan meneruskan peradaban yang lebih baik di bumi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *